Cara Jitu Mengembangkan Startup Unicorn

Berhasil mengembangkan startup unicorn merupakan salah satu tolok ukur prestasi yang bisa dibanggakan oleh founder startup. Startup unicorn sendiri adalah istilah bagi perusahaan rintisan yang mencapai nilai valuasi lebih dari USD 1 miliar (sekitar IDR 14 triliun). 


Saat ini, di Indonesia sudah ada beberapa startup unicorn yang kita kenal. Mungkin kalian jadi bertanya-tanya: apa sih, rahasia kesuksesan startup unicorn? Hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk bisa mengembangkan startup unicorn

Nah, di artikel ini kita akan membedah rahasia kesuksesan startup unicorn yang bisa kamu simak berikut ini.

  1. Ide dan Solusi yang Inovatif

Tujuan pengembangan startup adalah untuk memberikan solusi atas permasalahan dan menjawab kebutuhan target pasar potensial. Tapi perlu diingat bahwa kita mungkin bukanlah satu-satunya yang menawarkan produk di bidang yang sama. 


Untuk membuat startup kamu stand out di antara kompetitor, kamu perlu memberikan inovasi baru yang segar dan memudahkan pengguna dalam kehidupan sehari-hari. Contoh penerapan poin ini adalah startup quick commerce yang membantu masyarakat untuk belanja kebutuhan pokok dengan lebih cepat, mudah, dan efektif.

  1. Dukungan Tim Bertalenta

Tidak dipungkiri, kerja tim memang memiliki dampak luar biasa bagi perkembangan startup. Founder paling hebat sekalipun bisa kewalahan kalau harus memikirkan inovasi seorang diri. Memiliki dukungan dari anggota tim yang bertalenta akan sangat membantu proses inovasi mulai dari ide, pengembangan produk, sampai strategi marketing yang jitu. 


Jadi kalau kamu ingin membangun startup yang berhasil, bekerjalah bersama orang-orang yang bisa menghasilkan ide-ide cemerlang, memiliki visi yang sama, dan memiliki kemampuan eksekusi yang memberikan hasil nyata. 

  1. Digital Marketing yang Kuat

Industri startup dan digital marketing merupakan dua hal yang tak bisa dipisahkan. Di era serba digital seperti saat ini, digital marketing memiliki peran besar untuk membantu startup memperkenalkan diri di pasar. Dengan menerapkan strategi digital marketing, startup bisa menjangkau lebih banyak target pasar potensial yang bisa dikonversi menjadi pelanggan.


Penerapan digital marketing bisa membantu startup untuk menganalisis pasar, terkoneksi dengan pelanggan, sekaligus membangun kepercayaan pelanggan. Digital marketing juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk menyampaikan pesan kita ke target pasar dan memperkuat branding, lho. 

  1. Branding yang Kuat

Inovasi paling keren sekalipun tidak akan berhasil ketika tidak ada yang mengetahui keberadaannya. Itulah salah satu peran penting branding yang berperan untuk meningkatkan awareness target pasar potensial terhadap produk yang kita kembangkan. 


Selain itu, branding yang kuat juga akan memberikan identitas yang khas bagi startup. Dengan demikian, startup akan lebih mudah dikenali di antara kompetitor. Branding sendiri bisa dibangun mulai dari desain logo, tampilan visual dan warna perusahaan yang khas, sampai tagline yang mudah diingat. 

  1. Work-life Balance

Ide dan inovasi cemerlang tidak akan bisa lahir di lingkungan kerja yang penuh tekanan. Anggota tim startup, apapun perannya, membutuhkan waktu istirahat yang cukup supaya tetap segar dan memiliki energi untuk terus berinovasi. 

Itulah mengapa work-life balance sangat penting untuk diterapkan. Meski hustle culture memang sudah identik dengan perusahaan startup, sebenarnya kerja yang berlebihan hanya membuat anggota tim kelelahan. Akibatnya, produktivitas menurun dan tidak bisa memberikan hasil yang optimal. 


Saat ini sudah banyak lho, startup yang menerapkan kebijakan work from anywhere dan bahkan memberlakukan jadwal kerja empat hari per minggu. 

  1. Terus Belajar

Terus belajar dan selalu update dengan perkembangan terkini adalah kunci inovasi. Industri digital terus berubah dan perubahannya sangat cepat. Kalau kita tidak bisa mengikuti perkembangan, maka kita akan tertinggal. 

Salah satu cara untuk selalu update adalah dengan melakukan survei secara berkala untuk mengetahui kebutuhan pasar terbaru. Dengan demikian, kamu bisa selalu menjadi yang terdepan dalam memberikan solusi. 


Itu tadi beberapa rahasia kesuksesan startup unicorn yang patut kamu coba. Jadi gimana? Apakah kamu sudah siap untuk mengembangkan startup kamu ke level yang lebih tinggi? 

Kamu akan bisa berkembang lebih cepat kalau kamu bergabung dengan startup accelerator seperti tinc, lho. Dukungan dari tim ahli bisa memberikan sudut pandang baru yang mungkin belum terpikir oleh kamu sebelumnya.

Yuk, segera daftar di sini atau kontak kami di sini

Posted by TINC Admin